BIMTEK PENGELOLAAN ASET DESA BERBASIS APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN ASET DESA (SIPADES)

sipadesSesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa memiliki kewajiban untuk melakukan pengelolaan aset Desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, sehingga menjadikan Desa maju, mandiri dan sejahtra. Berdasarkan amanat tersebut Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa sebagai pengemban tugas dan fungsi untuk memfasilitasi pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan dan aset Desa, telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa dan Pedoman Umum Kodefikasi Aset Desa satu tahun berselang yaitu pada tahun 2017. Disamping itu mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa telah membangun dan mengembangkan sistem pengelolaan aset Desa berbasis sistem Informasi berdasarkan Permendagri No.1 tahun 2016 yang dinamakan Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES).

SIPADES merupakan aplikasi pencatatan administrasi pengelolaan aset Desa mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset Desa sesuai dengan Pedum Kodefikasi Aset Desa. Sipades merupakan aplikasi resmi dari Pemerintah yang dibangun dan dikembaangkan secara mandiri oleh Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. Aplikasi tersebut diperuntukan kepada seluruh Pemerintah Desa di seluruh Indonesia dan dapat mulai diimplementasikan di Tahun 2018. Aplikasi Sipades bersifat gratis serta dilarang keras memperjualbelikan aplikasi Sipades kepada Pemerintah Desa demi keuntungan pribadi dan/atau kelompok.

Tujuan pembangunan dan pengembangan Aplikasi Sipades antara lain adalah: (1) Menertibkan kepemilikan aset sesuai dengan peraturan yang berlaku,sehingga meminimalisir resiko hilangnya aset desa; (2) Menertibkan penggunaan aset untuk berdayaguna dan berhasilguna bagi pemerintah dan masyarakat desa; (3) Mempermudah kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik Desa; (4) Sebagai alat bantu pemerintah desa dalam tatakelola aset yang dimiliki termasuk inventarisasi, kodefikasi dan labelisasi aset desa. Keunggulan Aplikasi Sipades diantaaranya bekerja dengan sistem Desktop-base (tanpa memerlukan koneksi internet dan bantuan browser), User-friendly (muda digunakan), cocok dengan berbagai sistem operasi komputer dan menggunakan Basis data access (perangkat lunak yg memudahkan pengguna pemula/perangkat desa).

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Pengkajian Pengembangan Otonomi Daerah (P3-OTDA) Terdaftar di Ditjen Politik Dan Pemerintahan umum (POLPUM) Kementerian Dalam Negeri RI dan didukung Narasumber dan Tim Aplikasi dari Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, akan melaksanakan Bimbingan Teknis tentang :
PENGELOLAAN ASET DESA BERBASIS APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN ASET DESA (SIPADES)

 

Diselenggarakan Pada :

Bulan Januari  2019

Senin – Kamis,  14 s.d. 17  Januari  2019, Hotel Arcadia Mangga Dua, Jakarta
Senin – Kamis, 21 s.d. 24  Januari  2019, Hotel Golden Plower, Bandung
Senin – Kamis,  28 s.d. 31  Januari 2019, Hotel Mutiara Malioboro, Yogyakarta

Bulan Februari 2019

Rabu – Sabtu,  06 s.d. 09 Februari  2019, Hotel Mercure Kota, Jakarta
Rabu – Sabtu, 13 s.d. 16 Februari  2019, Hotel Formosa Nagoya, Batam
Rabu – Sabtu, 20 s.d. 23  Februari  2019, Hotel Sparks Mangga Besar, Jakarta
Senin – Kamis,  25 s.d. 28  Februari 2019, Hotel Fashion Legian Kuta, Bali

Bulan Maret 2019

Senin – Kamis,  04 s.d. 07  Maret  2019, Hotel 88 Depan Lokasari Mangga Besar, Jakarta
Senin – Kamis, 11 s.d. 14 Maret  2019, Hotel Golden Palace Lombok, Mataram
Senin – Kamis, 18 s.d. 21  Maret  2019, Hotel Oasis Amir, Jakarta
Senin – Kamis,  25 s.d. 28  Maret   2019, Hotel Tunjungan Plaza
, Surabaya

Bulan April 2019

Rabu – Sabtu,  03 s.d. 06  April  2019, Hotel Mercure Jakarta Kota, Jakarta
Rabu – Sabtu, 10 s.d. 13  April  2019, Hotel Ouality Plaza
, Makassar
Senin – Rabu, 15 s.d. 18  April  2019, Hotel The Media, Jakarta
Senin – Kamis,  22 s.d. 25  April  2019 , Hotel Gino Firucci Kebon Jati, Bandung

Bulan Mei  2019

Rabu – Sabtu,  01 s.d. 04  Mei  2019, Hotel Arcadia Mangga Dua, Jakarta
Rabu – Sabtu, 08 s.d. 11 Mei  2019, Hotel Abadi Malioboro
, Yogyakarta
Rabu – Sabtu, 15 s.d. 18  Mei  2019, Hotel The Media dan Tower, Jakarta
Rabu – Sabtu,  22 s.d. 25  Mei   2019, Hotel Fashion Legian Kuta, Bali

Senin – Kamis,  27 s.d. 30  Mei   2019, Hotel Sparks Mangga Besar, Jakarta

Bulan Juni  2019

Rabu – Sabtu,  12 s.d. 15  Juni  2019, Hotel Formosa Nagoya, Batam
Rabu – Sabtu, 19 s.d. 22  Juni  2019, Hotel Oasis Amir, Jakarta
Rabu – Sabtu, 26 s.d. 29 Juni  2019, Hotel Oasis Amir, Jakarta

Mengingat kegiatan ini sangat berkaitan dengan tugas dalam pemenuhan kewajiban pemerintah Daerah, maka kami mengharapkan kehadirannya atau menunjuk / menugaskan staf  bagian terkait sebagai peserta bimtek

Demikian Bimtek Nasional kami sampaikan, terima kasih atas kerjasamanya

Fasilitas Peserta / Informasi Kegiatan :

  1. Akomodasi Hotel 4 Hari, 3 Malam Kamar Twin Share
  2. Pelatihan selama 2 hari
  3. Komsumsi (Coffe Break, Breakfast, Lunch dan Dinner)
  4. Kelengkapan Pelatihan, Sertifikat dan tas ekslusif
  5. Jemput Bandara Bagi Peserta Group (Minimal 5 Orang)
  6. Kontribusi Perpeserta, Rp. 4.500.000,-/Menginap di Hotel
  7. Kegiatan dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian Pengembangan Otonomi Daerah (P3OTDA) Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Pendaftaran Peserta / Catatan :

  1. Daftar peserta dapat dikirim di Fax 021 21470808, email muhyunustahir@yahoo.co.id atau dapat dikirim melalui sms, 0812 104 888 78 – 0811 422 1234 (WA)
  2. Konfirmasi pendaftaran Peserta individu Atau Kolektif dapat menghubungi contack person kami Pak Yunus
  3. Undangan/Surat Resmi Segera kami kirim setelah ada konfirmasi
  4. pendaftaran selambat-lambatnya 2 hari sebelum hari H
  5. Kegiatan permintaan Bimtek Diklat bisa kami bantu di jakarta maupun luar jakarta

Catatan :

  1. jadwal yang telah diposkan dan telah habis/terlaksana angkatannya, apabila ingin mengikuti bimtek dengan materi tersebut harap dikonfirmasi untuk melakukan penjadwalan
  2. Kegiatan permintaan Jakarta / Kegiatan luar Jakarta, syarat dan Ketentuan harap dicek pada tautan diatas Kegiatan permintaan / Kegiatan luar Jakarta

Kontak Person :
Muh. Yunus Tahir
Hp. : 0811 422 1234 (WA) – 0812 104 888 78 –  0811 4 222 111

Tinggalkan Balasan