BIMTEK PENGELOLAAN ASET DESA BERBASIS APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN ASET DESA (SIPADES)

sipadesSesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa memiliki kewajiban untuk melakukan pengelolaan aset Desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, sehingga menjadikan Desa maju, mandiri dan sejahtra. Berdasarkan amanat tersebut Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa sebagai pengemban tugas dan fungsi untuk memfasilitasi pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan dan aset Desa, telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa dan Pedoman Umum Kodefikasi Aset Desa satu tahun berselang yaitu pada tahun 2017. Disamping itu mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa telah membangun dan mengembangkan sistem pengelolaan aset Desa berbasis sistem Informasi berdasarkan Permendagri No.1 tahun 2016 yang dinamakan Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES).

SIPADES merupakan aplikasi pencatatan administrasi pengelolaan aset Desa mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset Desa sesuai dengan Pedum Kodefikasi Aset Desa. Sipades merupakan aplikasi resmi dari Pemerintah yang dibangun dan dikembaangkan secara mandiri oleh Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. Aplikasi tersebut diperuntukan kepada seluruh Pemerintah Desa di seluruh Indonesia dan dapat mulai diimplementasikan di Tahun 2018. Aplikasi Sipades bersifat gratis serta dilarang keras memperjualbelikan aplikasi Sipades kepada Pemerintah Desa demi keuntungan pribadi dan/atau kelompok.

Tujuan pembangunan dan pengembangan Aplikasi Sipades antara lain adalah: (1) Menertibkan kepemilikan aset sesuai dengan peraturan yang berlaku,sehingga meminimalisir resiko hilangnya aset desa; (2) Menertibkan penggunaan aset untuk berdayaguna dan berhasilguna bagi pemerintah dan masyarakat desa; (3) Mempermudah kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik Desa; (4) Sebagai alat bantu pemerintah desa dalam tatakelola aset yang dimiliki termasuk inventarisasi, kodefikasi dan labelisasi aset desa. Keunggulan Aplikasi Sipades diantaaranya bekerja dengan sistem Desktop-base (tanpa memerlukan koneksi internet dan bantuan browser), User-friendly (muda digunakan), cocok dengan berbagai sistem operasi komputer dan menggunakan Basis data access (perangkat lunak yg memudahkan pengguna pemula/perangkat desa).

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Pengkajian Pengembangan Otonomi Daerah (P3-OTDA) Terdaftar di Ditjen Politik Dan Pemerintahan umum (POLPUM) Kementerian Dalam Negeri RI dan didukung Narasumber dan Tim Aplikasi dari Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, akan melaksanakan Bimbingan Teknis tentang :
PENGELOLAAN ASET DESA BERBASIS APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN ASET DESA (SIPADES)

Diselenggarakan Pada :

Bulan Januari 2020

Rabu – Sabtu,  08 s.d. 11  Januari  2020, Hotel Luminor Mangga Besar, Jakarta
Rabu – Sabtu, 15 s.d. 18  Januari   2020, Hotel Fave Braga, Bandung
Senin – Kamis, 20 s.d. 23  Januari   2020, Hotel Mutiara Malioboro, Yogyakarta
Senin – Kamis,  27 s.d. 30  Januari   2020, Hotel Tunjungan Plaza, Surabaya

Bulan Februari 2020

Rabu – Sabtu,  05 s.d. 08  Februari 2020, Hotel Nagoya Plaza, Batam
Rabu – Sabtu, 12 s.d. 15 Februari   2020, Hotel Sparks Life Mangga Besar, Jakarta

Rabu – Sabtu, 19 s.d. 22  Februari   2020, Hotel Lombok Raya, Lombok Mataram
Rabu – Sabtu,  26 s.d. 29  Februari    2020, Hotel Savana, Malang

Bulan Maret 2020

Rabu – Sabtu,  04 s.d. 07  Maret  2020, Hotel 88 Mangga Besar, Jakarta
Rabu – Sabtu, 11 s.d. 14  Maret   2020, Hotel Fave Braga, Bandung
Rabu – Sabtu, 18 s.d. 21  Maret   2020, Hotel Mutiara Malioboro, Yogyakarta
Rabu – Sabtu,  25 s.d. 28  Maret   2020, Hotel Fashion Legian Kuta, Bali

Bulan April 2020

Senin – Kamis,  06 s.d. 09 April  2020, Hotel Almadera Pantai Losari, Makassar
Senin – Kamis, 13 s.d. 16 April   2020, Hotel Oasis Amir Senen, Jakarta
Senin – Kamis, 20 s.d. 23  April   2020, Hotel Kedaton Braga, Bandung
Senin – Kamis,  27 s.d. 30  April 2020, Hotel Luminor Mangga Besar, Jakarta

Bulan Mei 2020

Senin – Kamis,  04 s.d. 07 Mei  2020, Hotel Gino Firucci Kebon Jati, Bandung
Senin – Kamis, 11 s.d. 14 Mei  2020, Hotel Pacific Palace, Batam
Senin – Kamis, 20 s.d. 23  Mei  2020, Hotel Mercure Kota, Jakarta
Rabu – Sabtu,  27 s.d. 30  Mei 2020, Hotel Fashion Legian Kuta, Bali

Bulan Juni 2020

Rabu – Sabtu,  03 s.d. 06 Juni  2020, Hotel Gino Firucci Kebon Jati , Bandung
Rabu – Sabtu, 10 s.d. 13 Juni  2020, Hotel Mutiara Malioboro, Yogyakarta
Rabu – Sabtu, 17 s.d. 20  Juni  2020, Hotel Fashion Legian Kuta, Bali
Rabu – Sabtu,  24 s.d. 27  Juni 2020, Hotel Arcadia Mangga Dua, Jakarta

Mengingat kegiatan ini sangat berkaitan dengan tugas dalam pemenuhan Tugas dan kewajiban pemerintah Daerah, maka kami mengharapkan kehadirannya atau menunjuk / menugaskan staf  bagian terkait sebagai peserta bimtek

Demikian Bimtek Nasional kami sampaikan, terima kasih atas kerjasamanya

Fasilitas Peserta / Informasi Kegiatan :

  1. Akomodasi Hotel 4 Hari, 3 Malam Kamar Twin Share
  2. Pelatihan selama 2 hari
  3. Komsumsi (Coffe Break, Breakfast, Lunch dan Dinner)
  4. Kelengkapan Pelatihan, Sertifikat dan tas ekslusif
  5. Jemput Bandara Bagi Peserta Group (Minimal 5 Orang)
  6. Kontribusi Perpeserta, Rp. 4.500.000,-/Menginap di Hotel
  7. Kegiatan dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian Pengembangan Otonomi Daerah (P3OTDA) Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Pendaftaran Peserta / Catatan :

  1. Daftar peserta dapat dikirim di Fax 021 21470808, email muhyunustahir@yahoo.co.id atau dapat dikirim melalui sms, 0812 104 888 78 – 0811 422 1234 (WA)
  2. Konfirmasi pendaftaran Peserta individu Atau Kolektif dapat menghubungi contack person kami Pak Yunus
  3. Undangan/Surat Resmi Segera kami kirim setelah ada konfirmasi
  4. pendaftaran selambat-lambatnya 2 hari sebelum hari H
  5. Kegiatan permintaan Bimtek Diklat bisa kami bantu di jakarta maupun luar jakarta

Catatan :

  1. jadwal yang telah diposkan dan telah habis/terlaksana angkatannya, apabila ingin mengikuti bimtek dengan materi tersebut harap dikonfirmasi untuk melakukan penjadwalan
  2. Kegiatan permintaan Jakarta / Kegiatan luar Jakarta, syarat dan Ketentuan harap dicek pada tautan diatas Kegiatan permintaan / Kegiatan luar Jakarta

Kontak Person :
Muh. Yunus Tahir
Hp. : 0811 422 1234 (WA) – 0812 104 888 78 –  0811 4 222 111

Tinggalkan Balasan